13 Cara Menanam Kacang Panjang Cepat Menghasilkan

KACANG PANJANG
Kacang Panjang



Cara Menanam Kacang Panjang Cepat Menghasilkan. Merupakan cara yang paling mudah untuk mendapatkan sayuran yang gampang dan murah, tunggu apalagi segera lah menanam kacang panjang di halaman kosong rumah Insya Allah bermanfaat.

Kacang panjang merupakan tanaman yang tidak mengenal musim. Dan siftat sayuran ini mudah di budidayakan di mana saja dan cocok dengan iklim apapun. Dan yang paling penting kacang panjang ini harganya murah dan banyak di gemari masyarakat sehingga bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Tentunya kita masih ingat sewaktu sekolah dulu ketika di beri tugas oleh guru menyemai biji kacang panjang dengan kapas. Seperti pada umumnya yaitu "biji kacang  di benam dalam kapas dan di basahi dengan air, di beri nama, lalu di beri nilai dan akhirnya mati". Itulah kira-kira pelajaran dasar pertanian di sekolah dasar yang tidak tuntas. Entah idea siapa menanam kacang dalam kapas, dan kenapa mesti kacang?

13 Tahapan  menanam kacang panjang yang mudah dan murah 
Berikut merupakan tahapan termudah budidaya kacang panjang yang di implementasikan di halaman rumah

Syarat Tumbuh


1. Iklim

Tanaman kacang panjang bisa hidup dengan subur di dataran tinggi juga dataran rendah. Kacang panjang bisa tumbuh subur di dataran tinggi dan dataran rendah 4 m dpl, dataran menengah 200 meter sampai dengan 700 meter dpl.

Faktor iklim dapat mempengaruhi kesuburan tanama kacang panjang. Kisaran suhu yang ideal yaitu antara 27°C-38°C. Keadaan suhu yang terlalu tinggi dapat mempengaruhi pertumbuhan biasanya kacang panjang kurang subur. Untuk mensiasatinya dilakukan penyiraman yang cukup yaitu dilakukan pada pagi hari dan sore hari. 


2. Tanah

Tanah merupakan media tanam bagi kacang panjang, kacang panjang bisa tumbuh pada hampir semua jenis tanah. Walaupun kini banyak teknik menanam yang moderen, tetapi untuk tanaman yang satu ini idealnya di tanam dengan media tanah. 

Kacang panjang biasa tumbuh di tanah yang gembur, sedikit berpasir dan banyak mengandung humus. Pada saat pembajakan gunakan cangkul dan buat guludan selebar 60 centimeter agar tumbuh akar lebih leluasa.


3. Persiapan Benih

Benih kacang panjang sangat mudah di dapatkan. Bisa dengan membeli ataupun membuat sendiri yaitu denga membiarkan buah kacang menua dan mengering di pohon.

Biji kacang bisa ditanam langsung tanpa memerlukan proses pesemaian. Biji kacang panjang biasanya langsung di tanam pada lobang-lobang yang sengaja dibuat dengan kayu lancip yang di benamkan ke tanah kira-kira 1-2 centimeter. 

4. Pemupukan

Pemupukan dapat dilakukan pada saat kacang panjang mulai merambat. Pupuk yang digunakan dapat berupa pupuk organik dan pupuk non organik.Jika menggunakan pupuk organik seperti pupuk kandang, pupuk dapat diaduk pada saat penyiapan lahan. Tetapi jika menggunakan pupuk non organik atau pupuk kimia, pemupukan dapat di sesuaikan menurut pertumbuhan.

5. Penanaman

Setelah penggemburan tanah sudah dilakukan, bibit kacang panjang bisa langsung di tanam. Jarak penanaman dapat diatur sesuai selera. Sedangkan waktu penanaman dapat dilakukan kapan saja namun yang lebih bagus pada sore hari menjelang malam dalam permukaan tanah yang sedikit basah.

Setelah penanaman lakukan semprot air secukupnya dengan cara menyemprot bagian tanah yang sudah di isi biji kacang panjang agar bibit kacang tetap basah dan mempercepat proses tumbuh menjadi kecambah.


Pemeliharaan 

6. Penyiraman 

Tanaman kacang panjang perlu penyiraman yang cukup seperti tanaman lainnya. Waktu penyiraman ialah dilakukan pada pagi haridan sore hari pada musim kemarau.
  • Menjaga kelembaban tanah.
  • Menyegarkan kembali tanaman yang dehidrasi karena terik sinar matahari.
  • Mencegah kekurangan air yang menyebabkan tanaman kacang panjang menjadi kerdil. .
Pada saat penyiraman air jangan terlalu deras dan dilakukan dengan memakai alat semprot seperti compiler selang.

7. Penyulaman 

Benih kacang panjang yang baru selesai di tanam, melalui penanaman biji langsung ke lobang tanam tidak semua biji bisa hidup dan bertumbuh menjadi tanaman kacang panjang dewasa karena ada beberapa biji dan harus di sulam dengan biji yang baru sebelum terlambat.

Penyulaman sebaiknya dilakukan ketika tanaman kacang panjang berumur 7 hst. Tujuannya adalah mempercepat penyesuaian bibit yang baru untuk didapatkan hasil yang homogen.

8. Penyiangan

Penyiangan dari gulma-gulma yang tumbuh di sekitar tanaman kacang panjang harus segera dilakukan sebelum mengganggu masa pertumbuhan kacang panjang. Penyiangan berikutnya dilakukan bersamaan dengan penimbunan atau penambahan tanah di sekitar dapuran kacang panjang.

Penyiangan bisa dilakukan dengan alat bantu kored atau dicabut dengan tangan.Tapi harus dilakukan dengan hati-hati jangan sampai terkena pokok kacang panjang bagian bawah yang rapuh.

9. Pemupukan

Pupuk dapat di lakukan dalam beberap tahap yaitu pada permulaan biasanya di tabur pada saat penggemburan tanah dengan pupuk dasar kompos atau kotoran ternak yang sudah matang. Tahap berikutnya diberikan pada kacang panjang pada masa pertumbuhan daun dan buah. 

Pupuk kimia tambahan antara lain pupuk NPK bisa di pakai apabila pertumbuhan kacang panjang kurang subur dan pupuk KCL untuk kesuburan pada buah di taburkan pada saat kacang panjang mulai berbunga.

10. Pemangkasan

Tahap ini biasanya dikenal dengan istilah pruning dan ini bisa dilakukan pada tanaman kacang panjang mulai merambat. Biasanya pada masa ini mulai tumbuh tunas-tunas baru di bagian bawah membentuk cabang, bagian ini yang mesti di buang untuk memperlancar pasokan nutrisi pada pokok utama. 

Bisa juga dengan pemangkasan yang dilakukan pada daun yang sudah tua juga perlu bagi tanaman kacang panjang gunanya yaitu untuk memperpanjang masa produktif kacang panjang.

11. Pengajiran

Pemasangan ajir atau kayu rambatan harus segera dilakukan pada saat sebelum kacang panjang merambat. Ajir bisa di dapatkan dengan mudah. Jenisnya bisa dari bilah bambu yang di bentuk reng atau ranting-ranting pohon yang bisa dimanfaatkan di sekitar rumah Sahabat.

Banyak cara untuk membuat tanaman kacang panjang merambat dengan baik,kami coba sahabat buat dengan memanfaatkan tali atau kawat kabel-kabel bekas yang di bentangkan vertikal. Tentunya sangat mudah murah dan cepat pengerjaannya.   

Baca juga: Cara Menanam Oyong Gambas Mudah dan Praktis Di Pekarangan

12. Pengendalian hama dan penyakit 

Kutu loncat/wereng
Kutu loncat biasa menyerang bagian daun muda dan buah yaitu dengan menghisap cairan melalui bagian bawah daun dan permukaan kulit buah kacang panjang. Akibatnya buah menjadi kerdil dan bercak-bercak. Kutu ini bisa hilang di basmi dengan sekali semprot saja menggunakan insektisida. Produk yang biasa kami pakai yaitu Curacron, maaf agak promosi sedikit.

13. Panen

Kacang panjang sudah bisa panen pada umur 45 hst. Buah  kacang panjang yang siap untuk di panen saat buah berukuran pensil, berwarna hijau dan masih berwarna hijau. Jangan menunggu buah berwarna lebih terang karena itu menandakan buah kacang panjang sudah tua dan rasanya kurang enak.

Jika untuk di konsumsi sendiri, kacang panjang bisa cukup lama disimpan dalam kulkas. Cara penyimpanannya  sangat mudah cukup dengan di bungkus plastik atau kertas koran dengan suhu yang tidak terlalu dingin.


Demikian sedikit uraian Tentang Cara Menanam Kacang Panjang Cepat Menghasilkan semoga bisa bermanfaat,  Amin
Lebih baru Lebih lama