Cara Menata Halaman Rumah Agar Terlihat Indah Berseri

Halaman belakang
Pekarangan Rumah

Cara Menata Halaman Rumah Agar Terlihat Indah Berseri-. Selain bagian interior rumah, ada bagian eksterior yang mesti diperhatikan penataannya. Bagian areal rumah tersebut yang bakal lebih menarik untuk di tata yaitu halaman depan dengan di bentuk menjadi taman rumah sesuai selera.

Jenis-jenis taman rumah dapat berupa taman dinding/taman vertikal dan taman minimalis. Yaman vertikal yaitu penghijauan yang dilakukan pada dinding tembok atau rangka besi yang disusun dan diletakkan beberapa pot dan aneka jenis bunga.


Karena taman dapat dijadikan tempat untuk bersantai, melepas lelah habis beraktifitas, berekreasi kecil setiap hari yaitu dengan merefresh keadaan yang penat di taman. Maka halaman depan harus menjadi paling utama pemolesannya.

Halaman rumah merupakan sesuatu yang ditampilkan paling depan, tempat tersebut akan tampak indah jika di penuhi bunga-bunga serta tumbuhan unik dan bermanfaat. Dengan hadirnya tumbuhan di halaman rumah kita tentunya bisa menjadi terapi alami yang dapat di nikmati berupa keindahan, kesejukan bagi siapa saja.

Halaman dapat di tata rapi dengan tumbuhan berupa bunga atau sayuran, bunga menghasilkan keindahan dan sayuran menghasilkan sesuatu yang bisa dikonsumsi penghuni rumah dan tetangga sekitarnya. Jadi keberadaan bunga atau sayuran di halaman rumah bisa membawa manfaat bagi kita.

Hadirnya tanaman bermanfaat di pekarangan rumah juga dapat menghambat pertumbuhan rumput-rumput liar yang tidak bermanfaat dan mengganggu, tentunya tidak sedap untuk di pandang. Contohnya keberadaan rumput liar dapat di minimalisir dengan peletakkan batu-batu alam sekitar taman.

Halaman rumah yang luas bisa sangat leluasa untuk berkreasi. Seperti pemanfaatan taman sebagai Apotek hidup, joging track, ladang sayur mayur, dan kebun binatang mini. Kebutuhan obat herbal bisa di penuhi dengan menanam jenis-jenis tanaman herbal.

Mungkin sebutan bagi halaman rumah kalau ditanami dengan sayur-mayur istilahnya bisa menjadi pasar sayur hidup kali ya?  tidak ada kata yang pas ya sahabat. Tak apa lah yang penting lahan pekarangan kita dapat bermanfaat.

Perlakuan tanaman sayuran di pekarangan bisa dipercantik dengan cara hidroponik atau tanaman yang ditanam dengan media air dan nutrisi. Kesegaran tanaman serta kerapian media tanamnya bisa menjadi daya tarik tersendiri.

Yang paling penting dalam penataan taman harus disesuaikan dengan keadaan rumah jangan sampai merusak nilai estetika rumah. Oleh karena nya kita harus memilih dan menyelaraskan jenis tanaman yang akan hidup di area pekarangan kita.

Tanaman seperti kangkung, salad, sawi, tomat, bisa kita kombinasikan dengan bunga. Pasti sahabat pun sudah tahu umumnya bunga di tanam di halaman depan, dan sayuran di bagian belakang rumah. Tapi kalau untuk sesuatu yang unik bisa saja kita kombinasikan.

Sebagai sarana olahraga
Kegiatan ini sungguh menyenangkan karena selain lingkungan hijau asri dan menguntungkan, secara tidak langsung badan kita bergerak sama halnya dengan melakukan olah-raga.

Boleh Sahabat coba dan bedakan antara melakukan kegiatan tersebut dengan berdiam diri tanpa melakukan aktivitas apapun yang menggerakkan badan kita.

Penambahan aksesoris bisa menjadi pilihan
Ditengah area yang penuh warna akan sangat lengkap jika di tambahkan fasilitas seperti tempat duduk, hiasan patung, kolam air mancur. Kolam air mancur bisa menjadi pilihan dan akan lebih manis jika dibuat hiasan bambu tiktok agar terlihat unik dan menawan.

Kehadiran beragam ikan hias juga turut mempercantik kolam mini di halaman rumah, buatlah kolam ikan yang bersih dengan sirkulasi air yang terus menerus melalui saringan air agar air kolam selalu jernih dan bikin betah hidupnya ikan-ikan hias.

Beraneka tumbuhan hias khas air bisa di tambahkan, seperti eceng gondok. Namun karena pertumbuhan eceng gondok sangat cepat biasanya cukup mengganggu. Sebaiknya dilakukan pengurangan kapasitas tumbuhnya eceng gondok. Banyak jenis tumbuhan air yang lain sebagai pengganti jika bosan dengan hanya eceng gondok saja.

Dengan penambahan berbagai macam aksesoris, dapat membuat halaman rumah menjadi tampak hidup, bahkan bisa menjadi tempat istimewa bagi para pengunjung rumah kita.

Salam,

Gapuratani.com
Lebih baru Lebih lama