Cara Menanam Jagung Manis Di Pekarangan Rumah

Buah jagung manis
Buah Jagung Manis
Original Photo by gapuratani.com

Catatan ini terinspirasi dari masa - masa pacaran dulu tepatnya tahun 1997 lalu. Terasa nikmat sekali rasanya ditengah cuaca Lembang Bandung yang dingin sembari mencicipi jagung bakar sama mantan pacar (saat ini istri setiaku) telah lumayan lama juga ya Sahabat :). 

Dari sepenggal cerita kami itu, yang membikin kami terinspirasi adalah manisnya jagung bakar yang kami nikmati waktu itu. Hingga kini kami mencobanya untuk menanam jagung di pekarangan rumah dan berhasil tumbuh dengan baik.

Catatan ini yang kami bagikan semoga panduan bagaimana cara menanam jagung manis untuk Sahabat semua. Tapi sebelumnya kita sedikit cerita dahulu tentang jagung di bawah ini:

Jagung tiada lain adalah tumbuhan berusia pendek dan relatif cepat berbuah.

Budidaya jagung pun tidak lah rumit karena jagung dapat berkembang produktif dengan bermacam - macam iklim di indonesia.

Buah jagung sendiri merupakan kategori olahan pangan alternatif yang menjadi sumber karbohidrat.

Untuk meningkatkan kualitas yang lebih baik, para pakar genetika telah menumbuhkan varietas unggul dengan bermacam kriteria peningkatan mutu yang lebih unggul dari kategori jagung sebelumnya.

Di beberapa daerah di tanah air, jagung merupakan makanan pokok.

Tetapi bersamaan majunya jaman, jagung sudah kurang diandalkan menjadi santapan utama.

Karna penyebaran pangan berbentuk beras saat ini telah rata menyeluruh di indonesia meski di diantara wilayah masih mempertahankan jagung sebagai makanan pokok.

Tapi saat ini ada jagung manis, jagung yang banyak di gemari masyarakat umum contohnya sering ditemui jagung  bakar (barbeque corn) banyak di gemari pada acara - acara resmi atau non resmi.

Sahabat yang ingin coba tanam jagung manis sendiri ayo kita lanjut ke ulasan utama kita.

Langkah awal kita tentukan dahulu kebutuhan dasarnya, cara menanam jagung manis, cara pemeliharaan dan pemanenan yang baik.


Kebutuhan dasar menanam jagung manis

Sahabat sediakan terlebih dahulu bahan-bahan untuk menanam jagung manis diantaranya:


  1. Bibit jagung dengan kualitas unggul.

    Ciri bibit unggul yaitu umumnya label F1 dengan jaminan 99% tingkat tumbuhnya.

    Tapi kita jangan berharap sesuai pemikiran penjual bibit.

    Karena pada kenyataan di lapangan kerap kali adanya gangguan yang menyebabkan menurunnya mutu tingkat hidupnya biji jagung dengan sempurna.
  2. Tanah,
    Tanah yang sudah di gemburkan terlebih dahulu dengan pencampuran pupuk kandang atau tanah kompos.

    Pencampuran ini dilakukan pada sebelum penanaman jagung di lakukan.
  3. Pupuk Urea
    Urea adalah jenis pupuk penyubur daun. Jagung manis sangat subur jika di beri pupuk ini. Pemberian pupuk dilakukan pada saat pertumbuhan awal jagung
  4. Insektisida jika diperlukan.

    Tahap pemberian insektisida itu jika diperlukan saja, pada tanaman jagung manis, biasanya daun atau pun bunga di sukai serangga.

    Jadi tidak lah aneh jika pada tanaman jagung manis sering di kerumuni serangga.
  5. Sumber air
    Sumber air yang cukup sangat di butuhkan jagung. Kadar air jangan terlalu kering dan jangan pula terlalu basah.

    Jika kekurangan air tanaman jagung akan kurang dan jika kelebihan kadar air di tanah pokok jagung sering kali busuk dan mati.



Cara Menanam Jagung Manis

1. Gemburkan terlebih dahulu atau di temprang dalam bahasa Sunda

2. Taburkan pupuk kompos pada bedengan yang sudah gembur lalu aduk dengan tanah dan ratakan

3. Buat lubang-lubang kecil di aseuk dalam bahasa sunda. Yaitu lobang tanam sebagai tempat tumbuhnya bibit jagung yaitu dengan jarak masing-masing pokok 20 cm.

4. Masukkan bibit satu lubang satu bibit biji jagung

5. Lakukan penanaman ulang bagi lobang tanam yang gagal tumbuh

Sebisa mungkin jika ingin hasil sempurna, baiknya Sahabat menggunakan bibit yang tersedia di toko pertanian. Bibit jagung tersebut biasanya sudah di beri fungisida sehingga tampak berwarna merah keunguan.

Kita bisa juga mempergunakan bibit buatan sendiri berupa jagung yang telah kering yaitu turunan buah jagung manis yang sudah tua dan kering di pokok.


Pemeliharaan Tanaman Jagung

Pemeliharaan dimulai dari biji jagung mulai tumbuh. Biasanya pertumbuhan jagung tidak rata ada yang kekar tetapi ada juga yang kurus bahkan ada yang tidak mau hidup sama sekali. (Lakukan point 5 diatas)

Yang harus dilakukan adalah, perbaiki media tanam pada bibit yang rusak artinya juga dengan segera lakukan tambal sulam jagung yang tumbuh kurang bagus dengan biji jagung yang baru agar tumbuhnya rata .

Di akibatkan juga karena cara penanaman yang belum tepat atau gangguan hama, kurangnya penyiraman atau kurang siapnya media tanam. Disini lah kita butuh penelitian dan pengawasan pada tanaman jagung tersebut.

Tahap berikutnya saat jagung mulai tumbuh biasanya disertai dengan tumbuhnya rumput-rumput liar yang tumbuh di sekitar anak jagung. Usahakan rumput-rumput liar tersebut di singkirkan karena hanya akan mengambil nutrisi tanah.

Tanaman jagung membutuhkan penyiraman yang cukup. Idealnya tanaman jagung di siram 2 kali dalam sehari yaitu penyiraman dilakukan saat pagi dan sore hari.

Pemeliharaan lainnya yang perlu dilakukan meliputi penyemprotan hama, pemberian vitamin tanaman dan penyiangan dari rumput-rumput liar sekitar tanaman jagung.


Pemanenan Jagung

Buah jagung dipanen biasanya sesuai dengan kebutuhan.

Karena buah jagung yang dipanen dapat di konsumsi langsung saat masih segar atau di keringkan. Tentunya buah jagung untuk di keringkan dan diolah menjadi beberapa jenis penganan di ambil dari buah jagung yang sudah tua bahkan kering di pohon.


Jenis Olahan Jagung

Buah jagung dapat dikonsumsi dengan cara alami yaitu di rebus atau di bakar. Dengan cara ini pun untuk buah dari varietas unggul rasanya sudah cukup manis.



Ada  juga buah jagung bisa di buat olahan sejenis keripik jagung, jagung keju, jagung kemasan kaleng untuk diawetkan dan dipasarkan untuk di pakai dalam jangka waktu yang lama.


Contoh penggunaan buah jagung manis segar atau jagung muda, dapat dibuat makanan berupa olahan seperti:

  • Jagung keju
    Jagung keju hanya merupakan makanan berupa jagung rebus yang di pipil yang tentunya di sajikan bersama parutan keju dan susu serta campuran bahan lain.
  • Jagung Pipilan Kalengan
    Jagung pipilan kalengan ini maksudnya buah jagung pabrikan yang di kemas dalam kaleng sebagai buah jagung siap pakai. Biasanya jenis jagung kalengan ini banyak di jumpai di pasar dan super market.
  • Jagung Bakar
    Jagung bakar, hmmm.. ini olahan jagung favorit kami dan tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat tanah air.
  • Jagung Rebus
    Jagung rebus, jagung manis tetap terasa manis walau di rebus. Olahan ini sajiannya cepat seperti jagung bakar
     
  • Perkedel Jagung
    Perkedel jagung merupakan jenis olahan perkedel selain daripada kentang. Dengan berbahan jagung manis, perkedel ini rasanya semakin nikmat dengan aroma buah jagung yang khas.
  • Jagung Sayur Asam
    Sebenarnya ini bukan khusus olahan jagung akan tetapi penggunaannya hanya sebagai campuran bahan makanan yaitu sayur. Tapi alangkah kurang lengkapnya jika sayur asam tanpa adanya buah jagung di dalamnya.

Contoh buah jagung yang dikeringkan bagusnya adalah dari jenis jagung biasa yang dapat diolah menjadi: 

  • Tepung maizena
  • Pakan ternak
  • Penganan jagung goreng
  • Pop Corn/borondong
  • Emping jagung
  • Campuran makanan ringan (bahan jajanan anak-anak)

Sebagai tanaman palawija berakar serabut,  jagung bisa dijadikan sebagai sumber pangan alternatif selain padi. Mempunyai nilai ekonomis tinggi sehingga dapat menguntungkan jika di budidayakan dengan baik.

Terlebih dari beberapa tahun belakangan ini produk jagung manis banyak di jajakan di mall-mall di indonesia berbentuk usaha franchise dengan tingkat keuntungan yang tinggi.

Rasa jagung yang manis dan murah Sahabat akan merasakan sendiri setelah mencoba menanamnya.

Peluang lain selain menjadi makanan manusia, jagung dapat menjadi sumber makanan ternak unggas. Seperti burung merpati yang suka dengan buah jagung kering yang telah di pecah atau makanan ayam kampung untuk menghasilkan daging ayam dengan kualitas yang bagus.

Yuk... kita perkenalkan kepada putra-putri kita bagaimana cara membudidayakan jagung agar mereka tidak hanya tau saat menyantap jagung saja. Perlu edukasi demi berlangsungnya ketahanan pangan di masa depan kelak.

Jadi inilah makanan khas leluhur kita. Kita punya kewajiban mengembangkan dan melestarikannya agar bermanfaat bagi generasi selanjutnya. Amin

Salam manis dan selamat Menanam Jagung Manis semoga berhasil. 

Salam,

Gapuratani.com










Lebih baru Lebih lama