5 Jenis Tanaman Yang Bernilai Ekonomis Tinggi

Tidak semua tanaman memiliki nilai ekonomis tinggi . Nilai ekonomis dari suatu tanaman adalah jika dinilai dari tingkat keunikan serta besarnya manfaat yang didapatkan dari tanaman tersebut.

Yuk.. kita bahas dari pohon yang paling unik dulu yaitu:


1. ENAU


Pohon Enau
Pohon Enau
Photo by ditjenbun.pertanian.go.id


Ciri tanaman ini berbatang pohon lurus, dan tinggi dan besar, hidup dengan usia cukup panjang, tetapi terus produktif berbunga dan menghasilkan nira.

Seiring maju nya jaman, tumbuhan Enau ini, telah menjadi hal yang unik dan mulai susah dijumpai karena bahan dasar gula sudah mulai bergeser dengan tebu sebagai bahan gula pasir dan kelapa sebagai bahan gula merah kelapa.

Enau merupakan tumbuhan tropis dan banyak hidup di pulau Jawa, Sumatra dan tersebar di daerah-daerah lain di Indonesia.

Tanaman ini merupakan tanaman yang bernilai ekonomis tinggi,  karena dapat tumbuh subur tanpa sentuhan manusia sekalipun.

Dari segi penampilannya pun memang tidak ada yang menarik dan istimewa pohon Enau ini. Tapi kalau di pandang dari sudut ekonomi tanaman ini se manis gula Aren.

Hehehe gula Aren....

Disebut gula Aren karena ia berasal dari pohon Aren atau Enau itu tadi.

Pada jaman dulu yang memanfaatkan tumbuhan ini menjadi produk berarti adalah para petani daerah. Kebanyakan dari mereka menjadikannya hanya pekerjaan sambilan dalam mengolah pohon aren ini.


Keunikan pohon Enau atau Aren

Pohon Enau atau Aren ini tergolong sangat unik. Keunikannya yaitu:

Ada 2 (dua) jenis tandan yang dihasilkan pohon ini yaitu  tandan buah dan tandan bunga, cirinya tandan buah biasanya menjadi biji kolang-kaling (Caruluk) dan berbuah satu kali se umur hidupnya.

Dan tandan bunga.  Bagian inilah yang biasa di sadap dan mengeluarkan Nira (lahang) sebagai bahan gula Aren.

Ciri lain, tandan bunga terus menerus muncul dan mengeluarkan nira mulai dari atas menuju ke bawah di setiap musimnya bahkan hingga ke tunggul sampai pohon aren itu mati.

Dan tandan buah hanya muncul beberapa saja dalam satu musim buah dan setelah buah tersebut masak dan berhenti berbuah lagi.


Manfaat pohon Enau atau Aren

Ok! mari kita bahas tentang Manfaat pohon Enau atau Aren, tanaman ini memiliki manfaat diantaranya:
  1. Tanaman ini menghasilkan gula aren dengan kualitas terbaik dengan rasa manis gula yang khas.
  2. Buah kolang-kaling (Caruluk) salah satu buah yang dihasilkannya dari buah Enau muda yang di ambil bijinya saja untuk di buat makanan atau campuran minuman es.
  3. Selain itu pohon Aren di bagian luar pohonnya diselimuti Ijuk. Dan jika ijuk ini di manfaatkan akan menghasilkan kerajinan ijuk yang multi guna seperti sapu, sikat, tali dll.
  4. Sari aci yang berasal dari dalam pohonnya dapat di jadikan bahan penganan yang lezat dan mempunyai nilai ekonomis tinggi. Dan jika di cincang bagian dalam pohon Enau ini bisa dijadikan alaternativ pakan ternak bebek.
  5. Pohon  tua (Ruyung)yang keras bisa digunakan sebagai alat-alat rumah tangga seperti centong dan cobek serta barang kerajinan lainnya.
  6. Ada juga yang agak unik yaitu daun nya bisa di buat paper rokok (daun kawung) yang memiliki cita rasa tersendiri. Bahkan bisa di isap hanya lintingan daun nya saja tanpa campuran tembakau atau cengkeh sekalipun.
  7. Pohon muda yang lunak /humbut, yaitu bagian atas pohon muda berwarna putih ini bisa dijadikan sayuran. Bagi orang terdahulu humbut ini dijadikan masakan meranggi yang lezat.
  8. Kulit pelepah enau yang lurus dan sedikit berkayu sangat lentur dan bagus jika dijadikan joran pancing.
  9. Pelepah kering jika di bakar bisa menghasilkan bedak muka tradisional (sararang kawung)
  10. Tulang daun enau sangat baik jika di jadikan sapu lidi untuk membersihkan halaman

Sayangnya pohon multi manfaat ini sedikit sekali yang membudidayakan dan masih banyak yang hanya tumbuh secara alami di tebing-tebing atau pinggir sungai.

Padahal tanaman ini bisa menghasilkan komoditi berharga jika di budidaya kan dengan sungguh-sungguh. Karena enau bisa menghasilkan gula merah dengan kualitas yang sangat baik dibandingkan dengan gula merah kelapa kebanyakan.

Khasiat Gula Aren 

Gula aren dapat dijadikan sebagai suplemen tradisional tambahan energi bagi olahragawan maupun pekerja disaat tenaga mulai terkuras.

Ada hal yang lebih menarik dari gula aren yaitu:

Gula aren ini banyak di konsumsi orang tua terdahulu mereka memasak dan membuat minuman selalu menggunakan gula aren ini tapi hebatnya mereka jarang terkena penyakit.

Sebagai masyarakat ketimuran sudah seyogyanya bangga dengan kekayaan alam sendiri. Siapa lagi kalau bukan kita yang melestarikannya.


2. KELAPA

Siapa yang menolak jika hari sedang panas disuguhi kelapa muda. Dahaga hilang setelah meneguk air kelapa yang manis keasaman rasanya menyegarkan.

Di tambah lagi daging kelapa muda yang dipadukan dengan sirop coconut, makin mak nyusss rasanya.

Kelapa atau nyiur sangat terkenal dengan manfaatnya yang banyak di rasakan.

Terutama di daerah-daerah keberadaan kelapa ini cukup mengangkat perekonomian mereka sehingga tidak bisa dilepaskan  dengan kehidupan masyarakat.

Sebagai tanaman yang bernilai ekonomis tinggi, tentunya memiliki beragam manfaat diantaranya:

  1. Menghasilkan santan
  2. Menghasilkan gula (gula merah)
  3. Menghasilkan kopra (minyak kelapa)
  4. Menghasilkan Sabut kelapa (dibuat sapu atau kesed)
  5. Serbuk dari sabut kelapa pun bisa dijadikan media tanaman seperti bunga dan pembibitan
  6. Air kelapa pelepas dahaga, obat dan dapat menghasilkan nata de coco jika di olah dengan teknik tertentu.
  7. Bagian pohon kelapa bisa dijadikan sebagai bahan bangunan, jembatan dan lain-lain
  8. Daun nya bisa dijadikan hiasan janur atau bungkus ketupat di hari raya
  9. Serta tulang daun nya yang keras sangat bagus untuk dijadikan sapu lidi bahkan akarnya pun sebagian orang menggunakannya sebagai obat
Betapa banyaknya ragam manfaat dari pohon yang satu ini sehingga begitu banyak orang yang menggantungkan hidup dari manfaat-manfaat pohon kelapa ini.


3. PISANG

Pisang adalah tanaman yang tidak mengenal musim.

Artinya bisa berbuah kapan saja.Walaupun harga pisang tidak semahal buah apel akan tetapi buah pisang memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi.

Harga buah pisang pun cenderung stabil ditunjang dengan bermunculannya berbagai macam industri kecil berbahan baku pisang

Cavendish lah jenis pisang yang paling banyak di jual di super market-supermarket di Indonesia.

Cirinya kulit berwarna kuning mulus jika sudah masak sehingga memiliki daya tarik pembeli di pasaran.

Negara yang terkenal sebagai pengekspor pisang adalah Brazil.

Jenis pisang yang ada di Indonesia antara lain:
Pisang Ambon, Pisang lilin, Pisang kepok, pisang lemak manis atau pisang muli, pisang raja, pisang nangka dan lain-lain


Manfaat Pohon Pisang


Pohon pisang menghasilkan serat abaca
Pada jaman dulu sangat terkenal serat abaca yang dihasilkan dari pohon pisang. Abaca digunakan sebagai bahan pembuat karung goni.

Daun pisang banyak dicari ibu-ibu penjual lotek dan nagasari.

Yang paling penting Sahabat, buah nya. Dalam bayangan kita jika kita cerita pisang, itu identik dengan buahnya. Karena yang sering kita jumpai adalah buahnya. Bagian buah inilah bagian yang bernilai ekonomis tinggi.  


Selain buah pisang enak di makan, buah pisang juga dapat di jadikan berbagai macam olaha seperti: Banana Cake atau bolu pisang,  Pisang Ijo, pisang Keju, pisang coklat, pisang Goreng, keripik Pisang, Nagasari, Sale Pisang dan tepung pisang sebagai bahan olahan bermacam-macam snack.

Jantung pisang. Ada mitos jika anak kecil mengkonsumsi jantung pisang akan mengakibatkan anak tersebut berpenyakit "jantungan" alias merunduk terus kayak jantung pisang, hehehe lucu juga ya.

Tapi kebanyakan di beberapa daerah jantung pisang di konsumsi sebagai lauk atau sayuran. Kalau ragu tidak usah di coba.

Lebih baik mengkonsumsi buahnya saja karena bagus untuk pencernaan juga sangat banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh

Jika dalam keadaan darurat getah pisang pun dapat dijadikan obat luka. Orang desa jaman dulu sering melakukannya jika bagian tubuh nya terluka dan mengeluarkan darah. Mereka lekas memotong bagian anak pisang dan meneteskan bagian getah pisang ke area luka tersebut.

Buah pisang dapat dijadikan sebagai pakan ternak unggas, seperti burung.


4. PADI

Tanaman ini merupakan jenis tanaman yang bernilai ekonomis tinggi apalagi di negara kita, padi dapat dikatakan sebagai kebutuhan pokok nomor wahid, sehingga banyak di tanam di negara kita.

Tanaman Padi
Tanaman Padi
Photo by Hermawan member PUC group

Tanaman berumur pendek ini cepat menghasilkan yaitu dalam kurun waktu 3 bulan petani sudah bisa panen dan menjual beras.

Manfaat dari padi ini sepertinya tidak perlu di urai terlalu detil karena seluruh bagian dari padi ini bermanfaat, dari mulai jerami, gabah, sekam semuanya bisa di serap menurut kebutuhannya dengan cepat.

Beras misalnya, telah menjadi sumber karbohidrat cukup banyak kegunaannya.

Selain sebagai kebutuhan pokok, beras dapat dimanfaatkan sebagai bahan aneka penganan khas indonesia, seperti bubur, tepung peyek, rengginang (remeh ngentep) yang di buat dari beras pulut atau ketan.


5. KELAPA SAWIT

Pokok Sawit
Pokok Sawit
Photo Original: by gapuratani.com

Kelapa sawit merupakan jenis tanaman yang bernilai ekonomis tinggi. Walaupun alih-alih bersinggungan dengan kelestarian alam.

Belakangan ini sawit telah menjadi komoditi ekspor andalan Indonesia dan juga sebagai konsumsi masyarakat Indonesia sendiri.

Minyak goreng adalah hasil dari kelapa sawit paling utama.

Selain itu juga ada margarin, sabun, kosmetik dan lain-lain yang berbahan dasar minyak sawit.

Perkebunan sawit telah tersebar luas di wilayah nusantara, jadi sawit bukan hal yang asing di dunia perkebunan.

Telah banyak pengusaha berkiprah di dunia persawitan ini, dan sekarang sudah banyak investor asing yang menjalankan usahanya di Indonesia.

Selain dari pada itu para petani pun beramai-ramai menanam sawit. Penghasilan mereka dinilai lebih bagus dari pada petani komoditi lain.

Begitu juga dengan tenaga kerja yang di serap dalam usaha sawit ini sangat banyak sehingga keberadaan sawit ini cukup menghidupi keluarga.

Budidaya Sawit

Keberhasilan dalam budidaya sawit tergantung dari banyak faktor. Perlu pengetahuan cukup tinggi, penelitian yang mendalam terhadap hal-hal yang terjadi di lapangan.

Faktor bibit
Faktor utama dalam budidaya sawit adalah bibit. Bibit yang paling bagus di ambil dari pohon sawit yang sudah sangat tua.

Walaupun bentuk pohon sawit sama, tetapi jenis nya berbeda-beda. Semuanya tidak bisa di pandang dengan kasat mata pada bibit sawit tersebut.

Akan kelihatan perbedaan yang mencolok yaitu pada bentuk buahnya jika sudah berbuah.

Atau untuk lebih yakin sobat dapat membeli benih/kecambah melalui perusahaan penyedia benih sawit yang sudah sertifikasi. Biasanya sudah di jelaskan tentang varian sawitnya secara detail.

Kecambah Sawit
Bibitan LondSum
Photo Original by gapuratani.com
Jadi penting banget memilih bibit yang baik agar sawit secara konstan menghasilkan buah yang berkualitas.


Faktor pemanenan
Terkadang dalam melakukan pemanenan sering terjadi kesalahan contohnya buah yang belum betul-betul matang sudah di turunkan.

Padahal itu berpengaruh terhadap nilai OER ( Oil Extraction Rate) itu akan menurunkan kualitas produk CPO nantinya.

Jadi sebelum di panen buah harus benar-benar matang. Indikasinya adalah telah jatuhnya 4-5 buan brondolan.

Disamping kedua faktor penting diatas masih banyak lagi yang perlu dilakukan secara serius pada tanaman sawit ini seperti penyemprotan, pemupukan, pruning dan lain sebagainya tidak saya sampaikan disini.


PENUTUP

Sesungguhnya rizki di alam semesta ini semua berasal dari Allah SWT, yang Allah SWT hadirkan melalui tanah, air hujan dan kandungan unsur-unsur alam lainnya. Sesuai dengan ayat-ayat Al-Quran Surah AlBaqarah2:22 yang berbunyi:

“Dia lah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai Rizki untukmu, karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui.” QS Al Baqarah  2: 22 

Semua sudah disediakan dan kita manusia hanya menjalankan semua perintahNya dan selalu bersyukur atas semua nikmatNya
Lebih baru Lebih lama