Manfaat Nanas Dan Cara Menanamnya

Nanas merupakan tanaman buah tropis yang berasal dari Afrika Selatan bagian timur. Keberadaannya di Indonesia di bawa oleh bangsa portugis bersamaan dengan tanaman karet alam. Seiring berjalannya jaman, nanas terus berkembang biak hingga ke seluruh bagian wilayah negara asia tenggara.

Manfaat buah nanas
Nanas


Di Indonesia nanas ini terus di budidayakan karena tanaman ini tidak kenal musim sehingga banyak orang yang membudidayakannya sebagai bahan industri makanan yang ber bahan dasar nanas.

Kebutuhan akan buah-buahan terus meningkat seiring dengan tumbuhnya populasi manusia. Beragam cara proses pengolahan buah nanas menjadi produk ekspor seperti makanan berbentuk buah kalengan atau minuman terus dilakukan.

Menurut penelitian nanas merupakan jenis buah yang baik karena memiliki kandungan vitamin yang banyak seperti Vitamin A, B1 B2 dan Vitamin C. Nanas mengandung protein, lemak dan zat-zat lainnya yang di butuhkan oleh tubuh.


Manfaat Buah Nanas


Sebagai buah yang memiliki nilai ekonomis tinggi, nanas bisa menjadi sumber penghasilan di kalangan petani nanas dan pengusaha makanan.  Berikut beberapa contoh produk olahan makanan yang bisa dibuat dari buah nanas.

  1. Sajian Buah Nanas Segar

    Sebenarnya buah nanas lebih segar dan enak jika di konsumsi langsung, dan bisa juga dijadikan sebagai buah pencuci mulut. Variasi lainnya santapan nanas segar bisa berupa rujak, campuran sayuran seafood dan acar serta sambal mentah.

  2. Makanan Kaleng

    Makanan sejenis buah-buahan yang di awetkan agar tahan lama. Penyajiannya dengan cara di cacah berbentuk bulat atau dadu yang dibuat koktail


  3. Sari buah Nanas

    Buah nanas banyak mengandung air, sangat cocok apabila di ambil sarinya untuk dijadikan jus nanas, air permentasi nanas, sirup buah nanas bahkan minuman berkarbonasi.
  4. Bahan masakan

    Nanas dapat di masak menjadi penganan yang di sukai seperti dodol, kek, puding dan selai nenas sebagai bumbu roti.


Selain dijadikan sebagai makanan dan minuman, bagian dari nanas ada juga yang bisa di manfaatkan yitu bagual serat daun nanas. Orang Philipin memanfaatkannya untuk bahan kain yang biasa digunakan untuk acara keagamaan.



BUDIDAYA NANAS

Permintaan pasar yang terus meningkat, nanas cukup potensial untuk di budidayakan. Masih sedikit perusahaan produk nanas yang mengelola nanas dengan baik menjadi olahan siap santap yang memiliki nilai jual tinggi. Berikut sedikit panduan bagaimana cara budidaya nanas. 

Syarat tumbuh

1.  Iklim

Nanas dapat tumbuh di suhu rendah maupun tinggi yaitu antara 10 Derajat Celcius sampai 40 Derajat Celcius, sedangkan petumbuhan optimum yaitu pada suhu 30 Derajat Celcius. Sangat cocok dengan iklim tropis seperti Indonesia dan negara-negara asia tenggara lainnya. Oleh karena itu bangsa indonesia patut bersyukur karena tumbuhan nanas sangat cocok dengan hampir di seluruh penjuru daerah di nusantara ini.


2.  Faktor Tanah

Tanah yang bagus untuk pertumbuhan nanas yaitu tanah humus yang banyak mengandung bahan organik sangat di perlukan untuk pertumbuhan. Tanah untuk ditanami nanas harus cenderung kering tetapi sedikit agak basah namun tidak tergenang oleh air. Air yang berlebih pada permukaan tanah akan menghambat pertumbuhan nanas dan lama kelamaan akar dan pokok akan membusuk.

Tanah merah atau tanah bercampur pasir akan sulit untuk nanas tumbuh subur, dan itu harus di tambah dengan pupuk tambahan seperti pupuk organik berupa kotoran hewan atau tanah kompos yang di buat dengan cara permentasi atau melalui tahap pelapukan terlebih dahulu sebelum digunakan.



PEMBIBITAN


Bibit nanas dapat di ambil dari bagian-bagian nanas yaitu tunas dari batang, mahkota nanas, dan biji buah nanas. Semuanya dapat hidup dan tumbuh dan berbuah. Dari ketiga sumber bibit nanas tersebut dapat di bedakan dari kecepatan tumbuh dan berbuah.

Contohnya dari masa tanam hingga berbuah yang paling cepat adalah anak atau bibit nanas yang di ambil dari tunas-tunas yang tumbuh di batang atau pohon. Sedangkan anak yang di ambil dari mahkota nanas relatif lebih lama yaitu bisa dua kali lipat masa tumbuh bibit yang berasal dari tunas pohon nanas.

Bibit nanas dai biji sangat jarang sekali dilakukan karena pembibitan dari biji hanya untuk persilangan antara varietas yang berbeda untuk menghasilkan buah nanas yang lebih baik.

Jadi sebelum budidaya alangkah baiknya memilih sumber bibit sendiri yang cepat menghasilkan yaitu dari tunas pohon nanas atau membeli bibit nanas yang sudah berakar dan siap tanam.



PENANAMAN


Jarak Tanam


Jarak tanam yang ideal adalah dengan bentuk dua deret memanjang dengan jarak 40 senti meter antar pokok nanas karena jarak tanam yang tepat akan menentukan keberhasilan budidaya. Dan jarak antar deret sekitar 150 senti meter fungsinya sebagai jalan untuk memudahkan kita dalam pemeliharaan dan pemanenan.

Peletakan bibit nanas harus seragam disesuaikan menurut ukuran bibit agar nantinya buah yang dihasilkan bisa merata.  Sebaiknya dilakukan pemilihan bibit yang baik dengan cara penyemaian terlebih dahulu sampai benar-benar bibit nanas siap tanam.

Lubang tanam


Kedalaman lubang tanam yang sesuai yaitu sekitar 10-15 senti meter, jangan terlalu dalam karena bibit akan sulit tumbuh bahkan busuk, dan apabila di tanam terlalu dangkal akan mengakibatkan posisi bibit lama kelamaan menjadi miring dan mudah terlepas jika tersentuh saat penyiangan.


Pengairan


Tanaman nanas tidak diperlukan penyiraman yang banyak, karena dengan daun-daun yang banyak dan rapat cukup menjaga kelembaban tanah dan nanas itu sendiri sifatnya memiliki kandungan air pada daun dan batangnya sehingga nanas dapat bertahan hidup tanpa disiram walaupun pada musim kemarau. Jika diperlukan kestabilan pertumbuhan nanas maka pada musim kemarau harus dilakukan penyiraman.


Pemupukan


Pemupukan pada nanas dilakukan dengan pemberian pupuk kandang atau pupuk organik dengan perbandingan kadar tertentu. Jika pemberian pupuk dengan pupuk kandang, sediakan pupuk kandang yang sudah matang atau sudah melewati tahap pembusukan yang sempurna. Cirinya kotoran hewan atau pupuk kandang sudah berbau apek atau bau jamur.

Pupuk organik sangat bagus bagi kualitas buah maka perlu di tambah pupuk pada saat berbuah. Bisa dilakukan dengan pemupukan dengan pupuk organik cair jka ada atau pupuk kandang yang sudah matang.


PENGENDALIAN HAMA DAN PENYAKIT


Hama

Hama yang kerap menyerang tanaman nanas adalah penggerek buah. Ciri buah yang terkena hama ini adalah bagian buah berlobang, mengeluarkan getah berupa cairan dan akhirnya buah membusuk.

Pengendaliannya adalah jika sudah ditemukan salah satu yang mengalami hal seperti ini, basmi dengan cara menyemprot dengan insektisida sebelum buah lain di serang hama.

Serta membuang buah atau membenamkannya ke dalam lumpur pada buah yang terkena jangan sampai membusuk dan lapuk di area kebun karena larpa penggerek yang berada di dalam buah akan menjadi penggerek baru yang jumlahnya akan bertambah. 

Ada juga kerusakan buah yang diakibatkan oleh lalat buah. Penyebarannya hampir sama dengan hama penggerek namun lalat buah ini berukuran dan tergolong langka menyerang buah nanas. Lalat buah juga dapat ditanggulangi dengan cara menyemprotkan insektisida pada buah nanas.


Penyakit

Penyakit nanas sering terjadi menyerang bagian akar dan batang juga hati. Penyakit menyebabkan nanas layu karena terserang bagian akar dan hati pada buah. Penyakit ini berupa cendawan dikarenakan suhu yang sedikit lembab dan kurangnya sinar matahari.

Dapat di tanggulangi dengan menata area kebun menjadi lebih bersih dari rumput-rumput liar dan pepohonan yang menghalangi sinar matahari menembus bagian pohon dan tanah.



PANEN


Dikarenakan nanas merupakan buah yang tidak kenal musim, maka pemanenan nanas bisa dilakukan kapan saja manakala sudah didapatkan buah nanas siap untuk di panen.

Cara panen yang baik yaitu lakukan pemotongan pada tangkai buah hingga tangkai tetap menempel pada buah sekitar 10 senti meter. Lakukan dengan hati-hati dan kalau perlu gunakan sarung tangan karena jika daun nanas berduri bisa menyucuk kulit.

Demikian uraian tentang Manfaat Nanas Dan Cara Menanamnya semoga memudahkan Sahabat dalam memulai usaha budidaya tanaman buah nanas. Menanam nanas sangat mudah, dengan mancapkan bibit di tanah saja nanas dapat berbuah. Tetapi nilai lebih hasil yang akan diperoleh adalah dari kesungguhan melakukan pemeliharaan seperti pemupukan yang sesuai.

Baca Juga: 13 Cara Menanam Kacang Panjang Cepat Menghasilkan
 3Jenis Kelapa Sawit Yang Perlu Diketahui Sebelum Budidaya

Salam,

Gapuratani.com
Lebih baru Lebih lama